Langsung ke konten utama

Mahasiswa KKN 61 Sulap Jagung SDA Desa Banyior Menjadi Olahan Yang Bernilai Jual Tinggi

#Pembuatan Jangung Menjadi Olahan Yang Bernilai Jual Tinggi
hai guys! selamat siang. Semangat terus ya dalam mengikuti kegiatan KKN kelompok 61. Pasti kami akan memberikan cerita-cerita terbaru dan terupdate. Cerita yang akan kami usung adalah tentang program kerja utama dari kelompok KKN 61 yaitu ''Pengolahan Produk Unggulan'' yang bahan dasarnya berasal dari jagung dan kacang masyarakat Banyior. Kegiatan kami yang satu ini benar-benar super sekali. Bagaimana tidak, kita benar-benar bekerja keras dalam proses mengolah produk unggulan. Pertama, kami mengolah jagung menjadi produk yang dapat diolah menjadi olahan selain dadar jagung, keripik jagung, dan lain-lain. Pada kesempatan ini, kelompok KKN 61 mengolah jagung menjadi tiga produk yaitu sirup jagung, sosis selimut jagung (Solija), dan nugget jagung.

Objek yang dituju pada proker ini adalah masyarakat sekitar Banyior rata-rata dari ibu PKK. Selain itu, masyarakat sekitar juga ikut andil berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kami melakukan sosialisasi sekaligus praktik langsung di rumah Bapak Mahrus selaku ketua Kelompok Tani dusun Kemedan, dan juga dihadiri oleh ibu dinas pertanian Saodah S.P serta H. Naim selaku ketua Poktan dari dusun Sabungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2019 pukul 11.00 WIB. Peserta yang datang sangat antusias dalam pembuatan produk dari jagung tersebut. Kegiatan tanya jawab juga berlangsung lancar. Semoga apa yang kami berikan kepada masyarakat Banyior dan skeitarnya dapat bermanfaat. Amin. Cukup sekian ya cerita hari ini. Disambung dilain waktu ya. Terimakasih

Untuk melihat video kegiatan kami cek di link https://youtu.be/DdrANmzmzD8 jangan lupa dilike dan di subcribe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Turut tingkatkan mutu pendidikan, KKN 12 UTM bantu mengajar di Sekolah Dasar Negeri Banyior 1

Bangkalan - Senin 15 Juli 2019 Mahasiswa KKN 12 Universitas Trunojoyo Madura yang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Banyior, ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Desa Banyior dengan terjun langsung ke SDN (Sekolah Dasar Negeri)  Banyior 1. 
SDN  Banyior  1 terletak di dusun Lenden, desa Banyior. Seperti sekolah dasar pada umumnya, SDN Banyior 1 terdiri dari 6 kelas (kelas 1 - kelas 6) dan ruang kepala sekolah. SDN Banyior 1 dipimpin oleh Pak Edi sebagai kepala sekolahnya. 
Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 12 UTM bertujuan untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan di desa Banyior. Sasaran pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 12 UTM adalah skill atau kemampuan mereka terutama dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Selain melakukan pengajaran, KKN 12 UTM akan mengadakan beberapa perlombaan untuk meningkatkan semangat belajar siswa-siswi  desa Banyior.


"Sebenarnya kami lebih ingin melatih skill mereka terutama da…

Sosialisasi Produk Unggulan Suju dan Sijago KKN 12 Universitas Trunojoyo Madura

Desa Banyior/ KKN 12 UTM - Pada Sabtu, 06/07/2019 mahasiswa KKN 12 Universitas Trunojoyo Madura,  lakukan sosialisasi pembuatan produk unggulan Susu Jagung yang diberi nama "Suju" dan produk Unggulan sirup jagung dengan nama "Sijago". Produk unggulan yang dibuat oleh kelompok KKN 12 Universitas Trunojoyo Madura berbahan dasar jagung dengan beberapa campuran bahan lainnya. 
Antusiasme masyarakat untuk mengikuti sosialisai pembuatan Suju dan Sijago sangat baik, masyarakat desa Banyior sangat senang untuk membuat dan mencicipi susu jagung dan sirup jagung yang merupakan produk unggulan kelompok KKN 12 Universitas Trunojoyo Madura.




Pemilihan jagung sebagai bahan dasar pembuatan produk unggulan dikarenakan jagung merupakan salah satu penghasilan desa Banyior atau potensi desa yang cukup menghasilkan.
Bahan Pembuatan Susu Jagung (SUJU) dan Sirup Jagung (SIJAGO) :
1. 2 buah jagung manis ukuran besar (iris jagung atau pisahkan dari tongkolnya)
2. 1 liter air bersih
3. 100…

Penanaman Bibit Kelapa Genjah dan Bercocok Tanam Padi Di Desa Banyior

Halo selamat malam sahabat setia pembaca blog KKN 61 UTM. dan kali ini kami hadir kembali dengan berbagai informasi kegiatan pada hari ini, yakni: membantu penanaman 500 bibit kelapa genjah di Dusun Banyior, yang diawasi langsung oleh Ibu Saudah selaku perwakilan dari Dinas Pertanian Bangkalan, penanaman bibit kelapa genjah dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Januari 2019 pukul 14.00 wib.      Setelah kegiatan penanaman bibit kelapa genjah, kami beralih ke kegiatan belajar bercocok tanam padi yang langsung dibimbing oleh Ibu Saudah. dari kegiatan hari ini banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang kami peroleh. Sehingga, kami dapat mendalami ilmu bercocok tanam yang secara tidak langsung dapat memengaruhi cara pandang kami terhadap tumbuh-tumbuhan. Sekian dulu pengalaman yang dapat kami sampaikan kepada sahabat pembaca setia blog ini. Jangan lupa untuk mampir kembali ke blog KKN 61 UTM. Terima kasih.