Dusun Desa Banyior

Desa banyior memiliki jumlah dusun sebanyak 5 yaitu:

1. Dusun Banyior  adalah salah satu dusun yang terletak di desa banyior, dusun banyior inilah yang aslinya banyior, namun pada masa sekarang pohon kelapa pada dusun ini bisa dibilang sulit untuk ditemui.

2. Dusun Blungkeng adalah salah satu dusun yang terletak di desa banyior kecamatan sepulu,  Bangkalan. Nama belungkeng berasal dari kata sabe (sawah) dan lungkeng (istilah dalam bahasa Madura: sepetak). Pengambilan nama tersebut bermula karena pada desa banyior bagian utara terdapat banyak talon (istilah dalam bahasa Madura: tegal) namun pada daerah tersebut terdapat satu petak sawah yang ditumbuhi padi. Oleh karena itu, warga memberikan nama belungkeng terhadap daerah tersebut (red: sepetak sawah), namun untuk lebih memudahkan pengucapan nama belungkeng diubah menjadi dusun blungkeng. 

3. Dusun Kemedan adalah salah satu dusun yang terletak di desa banyior kecamatan sepulu, bangkalan. Nama kemeden diambil dari peristiwa yang terjadi saat nama desa banyior diambil, saat peristiwa buah kelapa yang jatuh kesawah dan menjadi rebutan warga sekitar (den koddenan), oleh karena itu diambillah nama tersebut dan untuk mempermudah pengucapan warga menyebut nama dusun kemeden menjadi kemedan.

4. Dusun Lenden adalah salah satu dusun yang terletak di desa banyior, kecamatan sepulu kabupten bangkalan awa timur.

5. Dusun Sabungan adalah salah satu dusun yang terletak di desa banyior bagian barat. Konon di desa tersebut terjadi perkelahian antara dua orang yang berlangsung selama seharian penuh (dalam bahasa Madura carok atau sabung orang). Sehingga orang-orang yang ingin menyaksikan perkelahian tersebut menyebutnya “sabung”, namun masyarakat dusun tersebut menyebutnya sebagai “sabungan” untuk mempermudah pengucapan. 

0 Comments:

Posting Komentar

 

© 2013 Desa Banyior. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top